imhappyforyou

Thursday, March 22, 2012

Work: ArcCatalog di ArcGIS

ArcCatalog akan sangat membantu dalam hal pengaturan file-file spasial ataupun peta-peta yang akan dibuat dan dibutuhkan dalam sebuah proyek GIS.

Toolbar ArcCatalog di Jendela ArcMap


Tampilan
Tampilan ArcCatalog terdiri atas 3 komponen utama, yaitu :
1. Menu bar, dimana terdapat berbagai macam fungsi menu dan icon-icon yang cukup membantu dalam hal mengatur ataupun mengelola file-file peta.
2. Catalog Tree, merupakan kolom yang menampilkan cabang-cabang direktori, ataupun koneksi database dan server yang ada di sebuah komputer.


3. Layar tampilan, kolom ini juga terbagi tiga, yaitu Content untuk menampilkan file-file yang ada dalam suatu directory, Preview untuk menampilkan data/informasi yang ada pada file-file peta yang dipilih atau untuk menampilkan gambar peta dari file tersebut, serta Metadata yang berfungsi untuk menampilkan metadata atau keterangan tambahan suatu file atau project.

Bekerja dengan ArcCatalog
Untuk dapat menampilkan data pada ArcCatalog, terlebih dahulu kita harus memilih lokasi data SIG tersimpan, dan pada windows terdapat tiga options view yaitu Contents, preview dan metadata.
  • Content


Contoh view Content jalan.shp


Catatan:
Setiap data akan ditandai dengan jenis data yang berupa:  
  • Preview


Contoh view Preview Kabupaten.shp

  • Metadata
Metadata berfungsi untuk memberikan gambaran details tentang data yang kita tampilkan termasuk system koordinat yang digunakan.








No comments:

Post a Comment