imhappyforyou

Sunday, March 25, 2012

g a m e #Hope

Well beberapa waktu yang lalu, saya dan teman-teman melakukan asistensi tugas GIS yang sudah 1 minggu kami kerjakan. Nah, yang menarik, di tengah-tengah pembahasan mengenai pembuatan peta kontur, ternyata di ArcGIS kita bisa bikin peta bentuk 3D loh.

Wow! Kalo ibarat saklar lampu cetak-cetek di otak saya langsung bergema suara "klik" dari off ke on. Saya jadi inget ide pimnas saya, game berbasis GIS. Sebenernya game ini tujuannya untuk pembelajaran, sebagai salah satu game interaktif berbasis GIS. Nah, kalo boleh saya kritisi game interaktif buatan Indonesia sekarang ini masih jarang dan kalo kita mainin rasanya bukan kayak main game, cuman e-learning biasa. Bisa dibilang game interaktif buatan Indonesia masih kurang sense of gamenya. Kalaupun ada game interaktif dari luar negeri, itupun konten nya jarang yang masuk sama budaya dan pendidikan di negara kita. Maka dari itu saya kepingin banget buat game berbasis GIS yang tujuannya untuk pembelajaran dan nggak ngilangin sense of game itu sendiri. Terlalu idealis ya? Haha.

Oke, balik lagi ke awal. Peta bentuk 3D. Jadi si peta yang kita tau punya koordinat x dan y, kalo mau dicari dia juga punya koordinat z. Nah koordinat z ini nih yang bisa bikin peta kontur, lereng,dan sebagainya. Keren kan ya ArcGIS. Setelah di lihat, di oprek dan di ulik, yakin nih pasti bikinnya pake 3d Analyst. Tapi... sampai curhatan ini diterbitkan saya belum ngerti cara pakenya -___-

Well, seenggaknya si ide pimnas yang dulu tiba-tiba muncul bukan hanya jadi hasil daydreaming aja, tapi saya tau dia bisa benar-benar jadi nyata.

Hopefully

No comments:

Post a Comment